BADAN PENGELOLA

Pengasuh : KH. Abdul Ghofarrozin, M.Ed

Mudir : Wakhrodi

Wakil Mudir : Ahmad Mutamakin

Musa’id Mudir I : Abdullah Haris

Musa’id Mudir II : Ahmad Sahal Sholih

SEJARAH

Selama lebih dari 1 abad Pesantren Maslakul Huda (PMH) sebagai salah satu pesantren tertua di Indonesia telah menyelenggarakan pendidikan pesantren dasar dan menengah. Sebagai salah satu ikhtiar pengembangan pendidikan, empat tahun terakhir ini tepatnya tahun 2011 PMH telah merintis pendidikan pesantren lanjutan dalam bidang spesifikasi keilmuan ushul fiqh di bawah nama Pesantren Maslakul Huda li al-Takhashsus fi Ushul al-Fiqh. Takhashshus ini didesain untuk santri tamatan Aliyah dan memiliki niat kuat untuk mengambil spesifikasi keilmuan fiqh dan ushul fiqh.

Pilihan spesifikasi keilmuan ushul fiqh sebenarnya bukan sesuatu yang sama sekali baru karena dalam beberapa kesempatan Kiyai Sahal sebegai pengasuh Pesantren Maslakul Huda waktu itu sudah memulai kajian dan implementasi ushul fiqh, spesifikasi yang selama ini menjadi identitas Kiyai Sahal dengan terminologi yang lebih dikenal sebagai Fiqh Sosial. Untuk itu ketika PMA nomor 17 tahun 2015 tentang Ma’had Aly ditetapkan, PMH dengan beberapa modifikasi kurikulum dan kelembagaan mentransformasi Takhashus Ushul Fiqh menjadi Ma’had Aly fi ushul al-Fiqh.

Bagi PMH, Ma’had Aly adalah wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren lanjutan atau tingkat tinggi yang bertujuan selain untuk keberlangsungan pesantren sendiri dengan tumpuan pada tradisi intelektual tingkat tinggi, juga dimaksudkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan transformasi sosial dalam kehidupan masyarakat bangsa. Dengan pendekatan ini seorang santri diharapkan bukan hanya menjadi pribadi yang ideal bagi dirinya sendiri tetapi juga mempunyai kepekaan dan keterampilan sosial yang dibutuhkan bagi kehidupan masyarakatnya.

 

QUOTE KIYAI SAHAL TENTANG SANAD dan KITAB KUNING  1518349_660077730722089_1129739079_o

“Meninggalkan kitab kuning akan mengakibatkan terputusnya mata rantai sejarah dan budaya ilmiah yang telah terbangun berabad-abad. Menutup kitab kuning berarti menutup jalur yang menghubungkan tradisi keilmuan sekarang dengan tradisi milik kita pada masa lalu.”

Penciptaan tradisi keilmuan yang baru bagaimanapun membutuhkan perjalanan yang sangat panjang, dan tidak ada seorang pakarpun yang mampu memberikan jaminan bahwa tradisi baru itu akan sama efisiennya dengan tradisi keilmuan yang dibangun melalui kitab kuning.

 

QUOTE H. ABDUL GHAFFAR ROZIN

“Ulama Indonesia Adalah ulama yang membumi, tidak berdiri di menara gading, mampu menjadi solusi bagi masyarakat di sekitarnya. Ulama Indonesia tidak hanya mampu menjawab persoalan hukum tapi juga persoalan-persoalan sosial.”

Untuk itu kita punya misi tathbiq al-furu’, tanzil an-nushus ‘ala al-waqi’, menguasai metodologi-metodologi modern untuk membedah persoalan-persoalan sosial secara modern, karena kita adalah bagian dari transformer.

Visi 

Menjadi pusat pendidikan unggulan dan kaderisasi ulama di bidang fiqh ushul fiqh berperspektif fiqh sosial tingkat nasional tahun 2025

Misi 

  1. Memperkuat pengembangan ilmu ke-Islam-an melalui pendalaman turats terutama dalam bidang fiqh dan ushul fiqh.
  2. Melaksanakan kaderisasi calon ulama melalui kegiatan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Melaksanakan aktualisasi turats melalui kajian dan riset.
  4. Mewujudkan Ma’had Aly sebagai perguruan tinggi pesantren dengan budaya tata kelola yang baik.
  5. Membangun kerja sama antar Mahad Aly dan pesantren skala lokal, nasional, dan internasional.

 

KOMPETENSI UTAMA

  1. Ahli dan Konsultan Hukum Islam bagi masyarakat
  2. Peneliti Hukum Islam pada lembaga atau komisi fatwa
  3. Pendidik dan Pengajar keilmuan Islam di berbagai lembaga pendidikan

INDIKATOR KOMPETENSI

  1. Mampu melakukan interaksi dengan turats khususnya literatur Fiqh dan Ushul Fiqh dalam perspektif bermadzhab secara qauli dan manhaji.
  2. Mampu menjawab masail fiqhiyyah dengan pola istinbath hukum dari nash-nash Fiqh.
  3. mampu menyelesaikan masail fiqhiyah dan tashil al-fiqh dengan menggunakan pendekatan ushul fiqh.
  4. Berwawasan global

المعهد العالي بسانترين مسلك الهدى في أصول الفقه

نبذة عن المؤسسة

اسم المؤسسة               : المعهد العالي بسانترين مسلك الهدى في أصول الفقه

التخصص                  : الفقه وأصوله

العنوان                      : حاجين – مارقاياصا – باطي – جاوى الوسطى 59154

رقم الهاتف                  : (0295) 4590500، (0295) 452333

رقم الفاكس                : (0295) 4250360

البريد الإلكتروني            : mahadalypmh@gmail.com

قرار إنشاء المؤسسة         : 3002 عام 2016

الموظف في تصديق القرار   : المدير العام للتربية الإسلامية في وزارة الشؤون الدينية جمهورية إندونيسيا

الكيان القانوني              : مؤسسة بسانترين مسلك الهدى باطي

الهيئة الإدارية:

مربي بسانترين              : كياهي الحاج عبد الغفار رزين

مدير                        : وحراضي

نائب المدير                 : أحمد متمكن

مساعد المدير الأول        : عبد الله حارس

مساعد المدير الثاني         : أحمد سهل صالح

نبذة عن تاريخ المعهد العالي بسانترين مسلك الهدى في أصول الفقه

في أكثر من قرن بسانترين مسلك الهدى باعتبارها واحدة من أقدم البسانترينات في إندونيسيا قد نظمت التربية والتعليم للمرحلة الابتدائية والثانوية. ومن جهودها لتطوير التربية والتعليم، في خلال السنوات الأربع الماضية في عام 2012 م تحديدا، قامت بسانترين مسلك الهدى بتنظيم مركز التربية والتعليم للمرحلة الجامعية في مجال الفقه وأصوله تحت اسم بسانترين مسلك الهدى للتخصص في أصول الفقه.

التخصص في أصول الفقه هو البرنامج الذي أنشئ لخريجي المرحلة الثانوية الذين لهم همة عالية للتعمق في مجال الفقه وأصوله، وفي نفس الوقت هو وحدة من وحدات التربية والتعليم في بسانترين مسلك الهدى.

واختيار التخصص في الفقه وأصوله ليس شيئا جديدا تماما لأنه في بعض الحالات مربي بسانترين مسلك الهدى الشيخ محمد أحمد سهل محفوظ قد بدأ في الدراسة والبحث والتطبيق على الفقه وأصوله، الذي أصبح فيما بعد علامة ورمزا له مع تقديم مصطلح جديد المعروف باسم الفقه الاجتماعي.

فلذلك عندما قرر نظام الوزير للشئون الدينية رقم 17 في عام 2015 عن المعهد العالي، بسانترين مسلك الهدى للتخصص في أصول الفقه مع بعض التعديلات على كل من المناهج الدراسية والمؤسسية  تتحول إلى المعهد العالي مسلك الهدى في أصول الفقه.

وبالنسبة لبسانترين مسلك الهدى، المعهد العالي هو مظهر من مظاهر الشكل المؤسسي المنهجي في التراث الفكري لبسانترين في المستوى المتقدم أو العالي الذي يهدف إلى تطوير العلوم البسانترينية والتحول الاجتماعي في المجتمع، بالإضافة إلى محافظة استمرارية البسانترينات أنفسهم المعتمدة على التقاليد الفكرية على المستوى العالي. فبهذا النهج يتوقع أن لا يكون طالب بسانترين الشخص المثالي لنفسه فحسب ولكن أيضا يكون من له حساسية ومن له المهارات الاجتماعية اللازمة لحياة المجتمع.

اقتباس من أقوال الشيخ محمد أحمد سهل محفوظ عن السند وكتب التراث

ترك كتب التراث يؤدي إلى انقطاع سلسلة التاريخ والثقافة العلمية التي تم بناؤها على مدى قرون.  وإغلاق كتب التراث يسد طريقا الذي يربط بين تقاليدنا العلمية الآن وتقاليدنا العلمية في الزمان الماضي.

خلق التقاليد العلمية الجديدة تحتاج إلى رحلة طويلة لا محالة، ولا أحد من الخبراء يستطيعون أن يضمنوا على أن تلك التقاليد الجديدة من شأنها أن تكون فعالة بقدر التقاليد العلمية التي بنيت من خلال كتب التراث.

اقتباس من أقوال مربي بسانترين مسلك الهدى الأستاذ عبد الغفار رزبن

علماء اندونيسيا هم الذين يعرفون واقعهم – وليس الذين يقفون على برج عاجي- حتى يكون وجودهم حلا لمجتمعهم. وعلماء اندونيسيا ليس الذين يهتمون ويقدرون على معالجة القضايا القانونية والأحكام الشرعية فحسب بل هم الذين يهتمون ويقدرون على معالجة القضايا الاجتماعية أيضا.

فلذلك لدينا مهمات في تطبيق الفروع، وتنزيل النصوص على الواقع، وفهم المنهجيات الحديثة وإتقانها لحل المشاكل الاجتماعية على الطريق المعاصر، لأننا جزء من المحولين إلى الأصلح.

الرؤية والرسالة

الرؤية

أصبح مركزا للتربية والتعليم المتميز ولإعداد العلماء المتفوقين في مجال الفقه وأصوله على منظور اجتماعي على المستوى الوطني في عام 2025 م.

الرسالة

أ- تعزيز تطوير العلوم الإسلامية من خلال التعمق على كتب التراث خصوصا في مجال الفقه وأصوله.

ب- تنفيذ إعداد العلماء المتفوقين من خلال التربية والتعليم والبحث العلمي وخدمة المجتمع.

ج- تنفيذ تحقيق ذات كتب التراث من خلال الدراسة والبحث.

د-  تحقيق وجود المعهد العالي بوصفه الجامعة لبسانترين بثقافة وإدارة جيدة.

ح- بناء التعاون بين المعاهد العالية والبسانترينات على المستوى المحلي والوطني والدولي.

الاختصاصات الرئيسية

1- مستشار الأحكام الشرعية للمجتمع.

2- الباحث للأحكام الشرعية في هيئة ولجنة الفتوى.

3- المدرسين والمحاضرين للعلوم الإسلامية في مختلف المؤسسات التربوية والتعليمية.

المؤشرات على الاختصاصات

1- القدرة على التعامل مع كتب التراث خاصة في الفقه وأصوله على منظور المذهب قولا ومنهجا.

2- القدرة على إجابة المسائل الفقهية والمشاكل الواقعية باستنباط الأحكام من نصوصها.

3- القدرة على حل المسائل الفقهية وتسهيل الفقه باستخدام منهج أصول الفقه.

4- ذو بصيرة عالمية.