Pesantren Maslakul Huda Pati mendapatkan kunjungan studi banding dari Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga pada hari Ahad tanggal 15 Mei 2016. Studi banding ini bertujuan mempererat hubungan silaturrahmi PPTI dengan Pesantren Maslakul Huda dan menambah pengetahuan dalam hal manajemen lembaga dewan kepengasuhan, kurikulum pendidikan, perpustakaan, kebersihan, di Pesantren Maslakul Huda.

Peserta studi banding berjumlah 340 orang terdiri dari santri dan dewan pengasuh PPTI Al Falah. Ibu Nyai Hj Latifah Zoemri beserta jajaran dewan kepengasuhan PPTI Al Falah diterima langsung oleh Ibu Nyai Hj Nafisah Sahal dan para dewan pembantu pengasuh Pesantren Maslakul Huda.

Tujuh bus PPTI Al Falah tiba di sepanjang jalan Ronggo Kusuma, pada jam 11.40 an kemudian rombongan turun dari bus di seberang jalan SD Kajen berjalan kaki menuju Masjid Kajen untuk melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah, diteruskan ziarah ke Makam Mbah Ahmad Mutamakkin sekaligus makam KH MA Sahal Mahfudz, ta’arufan di Musholla Pesantren Maslakul Huda Putra, kemudian dewan pengasuh PPTI Al Falah dan Pesantren Maslakul Huda melakukan rapat tersendiri di ruang rapat Pesantren Maslakul Huda, sedangkan para pengurus perpustakaan dan pengurus pondok melakukan studi banding di Perpustakaan Maslakul Huda.